Tempat Obyek Wisata Di Lombok Timur

Tempat wisata Di-Lombok Yang Menajubkan Dan Terkenal Dengan ke indahan alamnya.
Alam indonesia memang memiliki alam yang begitu menajubkan sehingga para pencinta alam di mancanegara sering berdatangan ke indonesia hanya sekedar melihat dan menikmati alam raya indonesia yang mempesona. kebiasaan turis asing itu lebih suka dengan alam yang asli dan menarik, juga sering dijadikan penelitian bagi mereka.

Salah satunya wisata yang menarik di indonesia adalah pulau Lombok yang sering dijadikan tempat wisata pilihan bagi penikmat pencinta alam. dan Di lombok memang terbilang pulau yang menarik wisatawan dengan ke indahan alamnya.

Lombok – Sumbawa. Adalah dua pulau utama di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kedua pulau ini memiliki alam dan budaya yang sungguh memesona. Sebut saja Gunung Rinjani yang menjadi impian para pendaki untuk menjejaki puncaknya. Ragam etnis terdapat disini mulai dari Sasak, Samawa, Mbojo, hingga Bali. Ya, wilayah ini berbatasan dengan Provinsi Bali. Pengaruh budaya dari provinsi di seberangnya menjalar hingga ke sini.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Pulau Lombok yang menjadi favorite para wisatawan.

Senggigi
Senggigi merupakan wilayah pantai yang menjadi favorit wisatawan. Bersantai dan menikmati panorama alam yang sungguh menawan memang menjadi tujuan para pelancong ke sini. Lokasinya berjarak 10 kilometer dari Kota Mataram. Jika ditempuh dari Bandara Internasional Lombok tempat ini dapat ditempuh selama satu jam.

Wisata yang satu ini sudah tidak asing lagi dengan pesona indahnya, yang dapat menambah hiburan disaat saat liburan bersama keluarga Wisata Senggigi merupakan objek Wisata di Lombok Yang mempesona  karena senggigi memiliki banyak spot-spot menarik yang dapat Anda lalui bersama keluarga, seperti wisata pantainya yang panjang, Selain hal tersebut suasana pantai yang tenang sambil bersantai di hotel-hotel yang memiliki beackgroud pantai ini tentu membuat hati tenang dan selalu ingin berada di wisata senggigi ini bersama keluarga

Candi suranadi
Candi Suranadi Ini adalah pura tertua dan tersuci bagi umat Hindu di Lombok yang didirikan pada abad ke-16 oleh seorang pendeta dari tanah Jawa, Dang Hyang Miratha. Air sungai yang mengalir melalui bawah tanah menuju kolam dijadikan sebagai ritual tempat pemandian.

Kawasan Wisata Pura Suranadi Lombok Kelima pancuran suci ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, yang dalam bahasa Sasak disebut “Ngentas Male”. Masyarakat Hindu percaya bahwa setelah berdoa, kemudian menyucikan diri dengan air dari kelima pancuran tersebut, maka mereka akan mendapatkan kehidupan yang baru atau “Suranadi”.

Menurut legenda, pancuran suci ini berhubungan dengan seorang penyebar agama Hindu dari India yang bernama Dang Hyang Nirlata. Ia menyebarkan ajaran Hindu mulai dari Jawa, Bali, dan kemudian ke Lombok hanya dengan berjalan kaki. Ia selalu membawa sebuah tongkat. Saat mencapai Lombok, ia dan rombongannya sampai ke kawasan Suranadi. Di kawasan ini mereka beristirahat empat kali. Dan setiap beristirahat, Dang Hyang Nirlata menancapkan tongkatnya ke tanah dan keluarlah air yang bersih. Demikian empat dari lima pancuran tercipta.

Sekarbela
Kampung sekarbela secara administratif berada di Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota. kampung ini dikenal sebagai pusat pengrajin perhiasan dari berbagai bahan mulia seperti Emas, Perak, dan Mutiara.

Harga perhiasan di Kampung Mutiara Sekarbela bervariatif, biasanya tergantung dari jenis dan berat perhiasan. Terdapat dua macam jenis untuk perhiasan mutiara. Yaitu Mutiara Laut dan Mutiara Air Tawar. Mutiara Laut biasanya berbentuk oval, serta berwarna putih, emas, hitam dan perak. Sedangkan Mutiara Air Tawar bernbentuk bundar, dengan varian warna seperti putih, biru, pink, kuning, dan oranye. Biasanya warna mutiara dari jenis air tawar lebih bervariasi, karena warna tersebut disuntikkan dari bahan tertentu ke induk kerang penghasil mutiara.

Masjid Islam Islamic Center Lombok
Masjid Islam Islamic Center Lombok adalah ikon pusat peradaban Islam di NTB sekaligus pusat wisata religi. Di sini terdapat menara 99 atau minaret yang merupakan simbol keagamaan. Minaret yang terletak di pusat kota itu akan menjadi bangunan tertinggi di Kota Mataram.

Sejak tahun 2014 yang lalu pemerintah provinsi NTB giat mempromosikan wisata religi di daerahnya termasuk dengan mempromsikan destinasi wisata masjid masjid kuno dan bersejarah serta tempat tempat perkembangan dan pendidikan Islam. Pemerintah daerah setempat juga mempromosikan destinasi destinasi wisata tersebut dengan merangkum semua informasi ke dalam satu buku. Seluruh aktivitas tersebut dipusatkan di Islamic Center Mataram yang telah menjadi landmark baru di pusat kota Mataram.

Propinsi NTB memang memiliki sejarah yang panjang tentang peradaban Islam salah satu destinasi yang sudah cukup dikenal adalah Masjid Kuno Bayan Belek yang tetap dipertahankan keasliannya hingga saat ini.  Selain masjid kuno Bayan Belek masih ada Masjid Tradisonal Masyarakat Pujut yang juga masih dipertahankan Keaslian nya.
Pantai Seger
Pantai yang masih alami ini memiliki panorama perbukitan. Pantai berpasir putih ini terdapat batu karang yang menyembul di atas permukaan laut di depannya. Masyarakat setempat menyebutnya dengan Batu Tengkong (Batu Jamur). Saat surut, batu-batu karang tersebut bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Tak hanya pemandangan alamnya yang masih asri nan indah, tapi kita juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Seperti aktivitas pantai lainnya, kita bisa bisa melakukan berbagai aktivitas pantai tersebut di pantai seger Lombok ini, seperti berjemur, berenang, selancar dan tentunya kita bisa melihat matahari tenggelam. Untuk menuju ke Pantai Seger, kita tinggal mengarahkan rute perjalanan ke lokasi wisata Pantai Kuta.

Wisata Pura Taman Air Mayura
Pura ini merupakan pura terbesar di Pulau Lombok yang memiliki arsitektur unik yaitu atapnya yang bertingkat-tingkat. Wisata Pura Taman Air Mayura terletak di kawasan Cakranegara, Kota Mataram. Suasana yang ditawarkan Wisata Pura Taman Air Mayura ini sangat menarik, kita bisa merasakan suasana alam yang asri, nuansa relijius dan nuansa sejarah.

Wisata Taman Air Mayura dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1744. Nama Mayura berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti burung merak. Karena menurut cerita pada zaman dahulu di daerah taman ini banyak terdapat ular, sehingga didatangkan burung-burung merak untuk mengusirnya agar warga dapat berdoa dengan tenang.

Area Wisata Taman Air Mayura ini dibagi menjadi dua area, yakni area taman air dan area pura. Di area taman kita akan disuguhi pemandangan taman yang tertata rapi karena memang selalu dirawat dengan baik. Sedangkan di area taman air, kita akan mendapati kolam yang ditengahnya terdapat bangunan atau gili (pulau kecil). Area pura di Mayura ini terdapat di ujung, nanti kita akan dapat menemui empat pura utama yaitu Pura Gunung Rinjani, Pura Ngelurah, Pura Padmasana dan Pura Gedong-atau sering disebut juga Pura Jagad Rana.

Pantai kuta.
Pantai ini merupakan favorit wisatawan untuk melakukan aktifitsa berjemur dan surfing. Ya, ombak laut di sini sungguh menantang untuk aktifitas olahraga selancar tersebut. Pantai ini terdapat di pesisir selatan Pulau Lombok. Ada dua jenis pasir pantai di sini: putih halus dan butiran mirip merica.

Pantai Merica ini terletak di Desa Kuta, karena itulah bernama Pantai Kuta. Sejak didirikannya berbagai macam hotel baru di Pantai Kuta Lombok ini, maka lamban laun desa ini menjadi tujuan tempat wisata di Indonesia yang menarik dan banyak peminatnya bagi turis asing ketika jalan jalan ke Lombok Indonesia.

Itulah tempat tempat wisata yang ada di Lombok yang sering di nikmati pencinta wisata alam di Indonesia dan luar negri

0 Response to "Tempat Obyek Wisata Di Lombok Timur"

Post a Comment